AS: Pengusiran Diplomat Rusia Tunjukkan Relevansi NATO

Rabu, 28 Maret 2018 - 11:48 WIB
AS: Pengusiran Diplomat Rusia Tunjukkan Relevansi NATO
AS: Pengusiran Diplomat Rusia Tunjukkan Relevansi NATO
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), James Mattis memuji langkah NATO untuk turut mengusir diplomat Rusia. NATO mengusir tujuh orang diplomat Rusia yang bertugas di kantor perwakilan tetap Moskow untuk aliansi tersebut.

Mattis menuturkan, tindakan NATO tersebut menunjukkan bahwa alinasi tersebut masih relevan dengan situasi dunia saat ini. Dia juga mengatakan bahwa Moskow memiliki potensi untuk menjadi mitra dengan Eropa, tetapi telah memilih jalan yang berbeda.

"Rusia memiliki potensi untuk menjadi mitra Eropa. Tetapi saya pikir sekarang kita harus mengakui bahwa mereka telah memilih untuk mencari hubungan yang berbeda dengan negara-negara NATO," kata Mattis, seperti dilansir Reuters pada Rabu (28/3).

Sebelumnya diwartakan, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg menuturkan bahwa selain mengusir tujuh orang diplomat Rusia, mereka juga menolak penunjukan tiga orang diplomat lainnya. Hal ini adalah bentuk dukungan NATO pada Inggris, terkait dengan serangan racun syaraf terhadap pembelot Rusia di Negeri Tiga Singa itu.

Stoltenberg juga mengatakan dia telah memotong jumlah orang di misi Rusia dari awalnya 30 orang menjadi 20 orang, dalam langkah terbaru oleh aliansi untuk mengurangi apa yang dulunya salah satu delegasi nasional terbesar di NATO.

"Ini mengirim pesan yang sangat jelas ke Rusia bahwa itu memiliki dampak yang cukup hebat," kata Stoltenberg mengacu pada serangan terhadap Skripal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5355 seconds (0.1#10.140)