Kementerian Jerman Diretas, Rekaman Pembicaraan Internasional Dicuri

Minggu, 11 Maret 2018 - 16:20 WIB
Kementerian Jerman Diretas,...
Kementerian Jerman Diretas, Rekaman Pembicaraan Internasional Dicuri
A A A
BERLIN - Peretas yang menargetkan server kementerian luar negeri dan pertahanan Jerman mencuri dokumen internasional. Dokumen terkait pembicaraan Uni Eropa (UE)-Inggris terkait Brexit dan negosiasi UE dengan Belarus dan Ukraina dicuri peretas.

Menurut majalah Spiegel, peretas mencuri dokumen terkait perundingan Brexit antara UE-Inggris dan catatan perundingan UE-Belarus, EU-Ukraine. Kasus pencurian ini dilaporkan berada di bawah kendali dinas intelijen Jerman karena mereka telah mendeteksi serangan tersebut pada saat para peretas mulai mencuri file tersebut.

Majalah tersebut menambahkan bahwa dinas intelijen Jerman meyakini kelompok peretas Turla berada di balik serangan tersebut. Mereka juga berasumsi bahwa ada hubungan yang jelas antara Turla dan dinas intelijen Rusia, Russian Federal Security Service (FSB), seperti dikutip dari Sputnik, Minggu (11/3/2018).

Pada tanggal 28 Februari lalu, jaringan kementerian luar negeri dan pertahanan Jerman mengalami serangan siber. Laporan awal menunjukkan bahwa tim APT28, yang juga dikenal sebagai Fancy Bears, berada di balik serangan tersebut. Beberapa orang meyakini kelompok ini mempunyai hubungan dengan Rusia.

Turla, kelompok hacking yang diduga didanai oleh pemerintah Rusia, telah aktif sejak setidaknya 2008. Serangan kelompok tersebut biasanya menargetkan institusi berprofil tinggi di Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Rusia telah berulang kali menghadapi tuduhan upaya peretasan untuk mempengaruhi pemilihan di negara lain dan mencampuri urusan dalam negeri mereka. Namun Moskow dengan tegas membantah tuduhan tersebut dan menyebutnya sebagai tuduhan yang tidak berdasar.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2526 seconds (0.1#10.140)