Netanyahu Kecam Pernyataan PM Polandia Soal Yahudi

Minggu, 18 Februari 2018 - 18:23 WIB
Netanyahu Kecam Pernyataan PM Polandia Soal Yahudi
Netanyahu Kecam Pernyataan PM Polandia Soal Yahudi
A A A
TEL AVIV - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu melemparkan kecaman keras terhadap Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki terkait dengan pernyataannya mengenai etnis Yahudi di Perang Dunia II. Morawiecki mengatakan bahwa orang-orang Yahudi juga merupakan pelaku kejahatan dalam Perang Dunia II.

Netanyahu menuturkan, bahwa apa yang disampaikan oleh Morawiecki adalah sesuatu yang sangat memalukan. Menurutnya, Morawiecki tidak mengerti mengenai sejarah dan tidak memiliki kepekaan terhadap penderitaan yang dialami oleh warga Yahudi saat Perang Dunia II.

"Pernyataan Perdana Menteri Polandia di sini di Muenchen sangat memalukan, ada masalah di sini tentang ketidakmampuan untuk memahami sejarah dan kurangnya kepekaan terhadap tragedi rakyat kita, saya berniat untuk berbicara dengannya segera," kata Netanyahu, seperti dilansir Spuntik pada Minggu (18/2).

Sebelumnya diwartakan, berbicara saat melakukan wawancara dengan jurnalis asal Israel, Ronen Bergman, Morawiecki yang ditanya apakah undang-undang baru di Polandia akan menghukum mereka yang bercerita tentang kekejaman Nazi terhadap Yahudi. Khususnya bila bercerita orang-orang Polandia yang bekerja sama dengan rezim Nazi dan memberikan informasi mengenai lokasi orang-orang Yahudi selama Perang Dunia II.

Morawiecki menuturkan bahwa tidak akan ilegal jika ada orang yang menceritakan mengenai kejahatan yang dilakukan oleh orang Polandia, karena menurutnya hampir semua pihak memiliki sosok yang jahat, termasuk dari sisi Yahudi.

"Tidak akan ilegal untuk mengatakan cerita seperti ada pelaku kejahatan dari Polandia, karena ada pelaku kejahatan dari sisi Yahudi, karena ada pelaku dari Rusia dan juga pelaku dari Ukraina, tidak hanya mereka yang berasal dari Jerman," ucapnya
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6101 seconds (0.1#10.140)