Patung Raja Firaun Ramses II Dipindah via Operasi Militer

Jum'at, 26 Januari 2018 - 05:02 WIB
Patung Raja Firaun Ramses II Dipindah via Operasi Militer
Patung Raja Firaun Ramses II Dipindah via Operasi Militer
A A A
KAIRO - Patung Raja Firaun Ramses II era Mesir Kuno dipindahkan ke sebuah rumah baru melalui operasi militer. Patung raksasa ini berusia 3.200 tahun.

Patung seberat 83 ton itu sekarang berada di atrium baru Museum Grand Mesir di Kairo.

Insinyur Angkatan Darat dan kontraktor khusus memindahkan patung raksasa ke sebuah kandang yang dipasang di truk. Proses pemindahan itu juga mengandalkan pendulum dari balok baja untuk membantu mengimbangi goncangan dari tanah selama pengangkutannya.

Permukaan jalan juga dilapisi dengan bahan khusus untuk memastikan jalan kuat menahan patung Firaun Ramses II.

Rumah baru untuk patung tersebut dibuat khusus untuk mengenang sosok penguasa Mesir Kuno yang menurut riwayatnya memiliki 160 anak.

Mantan menteri purbakala Mesir Zahi Hawass menggarisbawahi pentingnya proyek museum tersebut terhadap sektor pariwisata Mesir yang telah mengalami kerusakan akibat kekerasan politik dalam beberapa tahun terakhir.

“Ini akan memberitahu orang-orang bahwa Mesir aman dan Anda bisa datang dan mengunjungi kami karena kami memerlukan pariwisata untuk menjaga barang-barang antik Mesir,” ujarnya, seperti dikutip Daily Mirror, Jumat (26/1/2018).

Di lokasi barunya, patung tersebut akan menjadi hal pertama yang dilihat pengunjung saat mereka memasuki museum. Rencananya, museum baru itu akan dibuka akhir tahun ini. Namun, peluncuran resminya akan dilakukan pada tahun 2022.

Patung kuno itu ditemukan di situs arkeologi Mit Rahina pada tahun 1820 oleh petualang Italia, Giovanni Caviglia. Sejak ditemukan, patung Firaun Ramses II sudah dipindahkan selama empat kali.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5536 seconds (0.1#10.140)