Bertengkar di Kokpit, Dua Pilot India Dipecat

Kamis, 11 Januari 2018 - 14:22 WIB
Bertengkar di Kokpit, Dua Pilot India Dipecat
Bertengkar di Kokpit, Dua Pilot India Dipecat
A A A
NEW DELHI - Maskapai penerbangan Jet Airways dilaporkan telah memecat dua pilot yang diduga bertengkar di dalam kokpit. Insiden itu terjadi dalam sebuah penerbangan dengan rute London-Mumbai pekan lalu.

Maskapai penerbangan swasta asal India tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah menghentikan servis kedua pilot itu dari kokpit dengan segera, seperti dikutip dari BBC, Kamis (11/1/2018).

Kedua pilot yang terlibat dalam pertengkaran itu, seorang pilot pria dan wanita, dilarang terbang sambil menunggu penyelidikan.

Pertengkaran yang dituduhkan itu terjadi di udara tepat 1 Januari lalu. Beruntung, penerbangan yang membawa 324 penumpang itu mendarat dengan selamat di Mumbai.

Menurut laporan media India yang mengutip pernyataan para saksi, pertengkaran itu terjadi setelah pilot pria menampar pilot wanita tersebut. Wanita itu lantas meninggalkan kokpitnya sambil menangis, namun rekan-rekannya berhasil membujuknya untuk kembali.

Seorang pejabat di Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara India mengatakan kepada kantor berita Trust of India bahwa pilot tersebut juga telah meninggalkan kokpit tanpa pengawasan dua kali selama insiden tersebut. Hal itu dianggap telah melanggar peraturan keselamatan.

Seorang juru bicara Jet Airways mengkonfirmasi kepada BBC bahwa sebuah insiden telah terjadi, namun tidak memberikan rincian kejadian yang terjadi. Maskapai tersebut menambahkan bahwa insiden tersebut telah dilaporkan ke Dirjen Perhubungan Udara, dengan mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki toleransi terhadap tindakan karyawannya yang membahayakan keamanan.

"Di Jet Airways, keamanan tamu, kru dan aset sangat penting," tegas juru bicara tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5940 seconds (0.1#10.140)