AS Cemas Korut Kembangkan Senjata Kimia

Selasa, 12 Desember 2017 - 10:36 WIB
AS Cemas Korut Kembangkan Senjata Kimia
AS Cemas Korut Kembangkan Senjata Kimia
A A A
WASHINGTON - Pejabat Amerika Serikat (AS) memperingatkan meningkatnya ancaman terhadap senjata biologis yang diduga tengah dikembangkan oleh Korea Utara (Korut). Peringatan ini muncul di tengah meningkatnya ketegangan di Semananjung Korea.

Ilmuwan percaya bahwa rezim Pyonyang telah mantap untuk bergerak mendapatkan alat-alat penting yang bisa digunakan untuk membuat senjata kimia. Peralatan itu didapatkan dari pabrik yang mampu menghasilkan mikroba ber ton-ton. Para ilmuwan Korut juga mendapatkan pengetahuan khusus di luar negeri.

Meskipun saat ini tidak ada bukti bahwa diktator Kim Jong-un telah memerintahkan produksi senjata bio kimia, namun dikhawatirkan tentara darat AS dan Korea Selatan (Korsel) akan menjadi target senjata biologis jika terjadi perang.

"Bahwa orang-orang Korea Utara memiliki senjata [biologis] telah diketahui, dengan berbagai cara," kata seorang pejabat senior AS tanpa menyebut nama.

"Pertanyaan yang masih ada adalah, mengapa mereka memperoleh materi dan mengembangkan sains, tapi belum menghasilkan senjata?" imbuhnya seperti dikutip dari Telegraph, Selasa (12/12/2017).

Namun ia mengakui bahwa agen mata-mata mungkin tidak mengetahuinya jika mereka melakukannya. Pasalnya, pembuatan senjata kimia tersebut bisa jadi dilakukan di dalam pabrik sipil yang diklaim membuat produk pertanian dan farmasi.

"Jika serang itu dimulai besok kita mungkin tidak mengetahuinya. Kecuali kita cukup beruntung memiliki informan yang kebetulan berada di tempat yang tepat," kata pejabat tersebut.

Badan intelijen AS dan Korsel percaya bahwa Pyongyang telah bereksperimen dengan strain bakteri termasuk mikroba yang menyebabkan antraks, kolera dan pes. Analis juga menduga bahwa Korut telah memiliki virus cacar sejak pertengahan 1990-an.

Meskipun fokus langsung masyarakat internasional adalah program nuklir negara itu, ancaman serangan biologis dari Korut dipandang cukup serius oleh Pentagon untuk memberikan vaksinasi kepada pasukan yang bertugas di Korea karena ditakutkan terkena antraks dan cacar.

Perencana militer menyimpulkan bahwa pemimpin Korut Kim Jong-un memilih untuk menahan senjata kimia untuk saat ini, namun dilaporkan telah membuat persiapan bagi pesawat AS dan Korsel untuk segera menyerang fasilitas kimia dan biologi yang dicurigai jika terjadi perang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6584 seconds (0.1#10.140)