Rusia-Saudi Bahas Recana Pembelian S-400

Senin, 09 Oktober 2017 - 20:36 WIB
Rusia-Saudi Bahas Recana Pembelian S-400
Rusia-Saudi Bahas Recana Pembelian S-400
A A A
MOSKOW - Kremlin mengatakan, pembicaraan dengan Arab Saudi mengenai rencana pembelian sistem pertahanan udara S-400 sedang berlangsung. Kremlin menyebut, di mata Rusia proses pembicaraan mengenai pembelian S-400 berjalan lancar.
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dalam sebuah konferensi dengan wartawan, menanggapi sebuah pertanyaan tentang apakah sebuah keputusan oleh Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk menyetujui kemungkinan pengerahan sistem pertahanan rudal THAAD ke Saudi dapat mempengaruhi kesepakatan dengan Rusia.
Peskov, seperti dilansir Reuters pada Senin (9/10), mengatakan, Kremlin hanya bisa menawarkan penilaiannya sendiri mengenai bagaimana pembicaraan berlanjut. "Perundingan awal mengenai kesepakatan pembeliaan sistem pertahanan udara itu tersebut telah berjalan dengan baik," ucap Peskov.
Ketika ditanya tentang kekhawatiran Saudi dapat menggunakan sistem S-400 melawan Iran, Peskov mengatakan keputusan Rusia untuk menawarkan rudal ke Riyadh tidak ditujukan pada pihak ketiga manapun.
Keputusan Saudi untuk membeli S-400 datang saat pemimpin Saudi Raja Salman bin Abdul Aziz al-Saud melakukan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada pekan lalu.
Dalam pertemuan itu, selain tercapai kesepakatan mengenai pembelian S-400, kedua pemimpin itu juga meneken sejumlah kerjasama dalam bidang ekonomi. Mayoritas kerjasama terletak pada sektor energi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5684 seconds (0.1#10.140)