Pasca Referendum, Kurdi Irak Bersiap Gelar Pemilu

Selasa, 03 Oktober 2017 - 19:10 WIB
Pasca Referendum, Kurdi Irak Bersiap Gelar Pemilu
Pasca Referendum, Kurdi Irak Bersiap Gelar Pemilu
A A A
BAGHDAD - Pemerintah Kurdi Irak atau KRG dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk menggelar pemilihan umum (pemilu) di wilayah mereka. Pemilu ini digelar hanya beberapa pekan setelah KRG menggelar referendum kemerdekaan.

Melansir Reuters pada Selasa (3/10), pemilu tersebut dijadwalkan akan digelar pada tanggal 1 Novermber mendatang. Pemilu ini akan meliputi pemilihan anggota Parlemen dan juga pemilihan Presiden.

Saat ini orang yang memegang jabatan sebagai Presiden wilayah otonomi Irak tersebut adalah Masoud Barzani, yang tak lain merupakan inisiator dari referendum kemerdekaan Kurdi Irak.

Terkait dengan referendum, pemerintah Irak kemarin mengulangi seruan mereka agar Kurdi membatalkan putusan referendum. Baghdad menegaskan, referendum tersebut adalah sesuatu yang tidak sah, dengan demikian hasilnya juga tidak sah.

Sementara itu, Presiden Turki Tayyip Erdogan menuturkan, pihaknya sedang mempersiapkan sanksi lanjutan terhadap Kurdi Irak sebagai respon atas referendum itu. Turki sejauh ini telah menghentikan pelatihan terhadap pasukan Kurdi dan mengurangi pasokan minyak ke wilayah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3197 seconds (0.1#10.140)