China: Semenanjung Korea Bukanlah Sebuah Permainan

Kamis, 31 Agustus 2017 - 16:04 WIB
China: Semenanjung Korea Bukanlah Sebuah Permainan
China: Semenanjung Korea Bukanlah Sebuah Permainan
A A A
BEIJING - Pemerintah China menyatakan, semua pihak harus hati-hati dalam mengambil langkah terkait dengan situasi di Semenanjung Korea. Ini adalah respon atas permintaan Jepang kepada Amerika Serikat (AS) untuk memberikan sanksi tambahan kepada Korea Utara (Korut).
"Situasi di Semenanjung Korea sangat serius dan bukan permainan komputer," ucap juru bicara Kementerian Hua Chunying dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (31/8).
"Sangat disesalkan bahwa beberapa negara hanya menerapkan sanksi dan mengabaikan persyaratan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk dialog," sambungnya.
Sebelumnya, Hua menyatakan pihaknya telah meminta semua pihak yang terlibat dalam isu nuklir Semenanjung Korea untuk tidak memprovokasi satu sama lain dan meningkatkan ketegangan.
Hua menuturkan, masa lalu telah membuktikan bahwa tekanan dan sanksi saja tidak akan menyelesaikan masalah ini. Isu nuklir Semenanjung ini sudah berlangsung lama, rumit dan kompleks.
"Satu-satunya solusi adalah menyelesaikan masalah keamanan yang sah dari semua pihak secara seimbang melalui dialog. Itulah cara untuk memutus lingkaran setan tes nuklir tanpa henti, peluncuran rudal dan latihan militer," kata Hua.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6059 seconds (0.1#10.140)