Kapal Induk China Masuk Zona Pertahanan Taiwan

Rabu, 12 Juli 2017 - 10:27 WIB
Kapal Induk China Masuk Zona Pertahanan Taiwan
Kapal Induk China Masuk Zona Pertahanan Taiwan
A A A
TAIPEI - Kapal induk China, Liaoning, memasuki zona identifikasi pertahanan udara Taiwan pada Rabu (12/7/2017), pagi dalam perjalanan pulang dari Hong Kong dan dipantau. Demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Taiwan, menambahkan bahwa tidak ada alasan untuk waspada.

"Liaoning meninggalkan Hong Kong pada siang hari Selasa, sebelum memasuki zona pertahanan Taiwan dengan melakukan perjalanan ke arah utara melalui sisi barat Selat Taiwan," kata kementerian tersebut.

"Taiwan akan memantau situasi, tidak mendeteksi hal yang tidak biasa dan warga tidak perlu khawatir," tambahnya seperti dinukil dari Reuters.

Liaoning yang dibangun oleh Soviet, kapal induk pertama China, berada di Hong Kong untuk acara yang menandai ulang tahun ke 20 kembalinya wilayah tersebut ke pemerintahan China dari Inggris.

Ini adalah keempat kalinya Liaoning berlayar di dekat Taiwan yang memerintah sendiri, yang oleh China diklaim sebagai bagian dari negara itu, dalam beberapa bulan terakhir. Beijing menyebut sebagai latihan rutin.

Awal bulan ini, Taiwan mengirim jet untuk membayangi kapal induk itu saat menuju Hong Kong.

China tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa Taiwan, yang dianggap sebagai provinsi yang nakal, di bawah kendalinya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6809 seconds (0.1#10.140)