Iran Bunuh Dalang Dibalik Serangan Teheran

Minggu, 11 Juni 2017 - 05:38 WIB
Iran Bunuh Dalang Dibalik...
Iran Bunuh Dalang Dibalik Serangan Teheran
A A A
TEHERAN - Iran mengatakan pasukan keamanan pada hari Sabtu telah membunuh dalang serangan kembar ke Teheran yang menyebabkan 17 orang tewas minggu ini. Iran telah memperketat keamanan di seluruh negeri untuk mencegah kemungkinan rencana aksi teror lainnya.

"Dalang dan komandan utama serangan teroris di parlemen dan makam Ayatollah Khomeini tewas hari ini oleh pasukan keamanan," kata menteri intelijen Mahmoud Alavi seperti dikutip dari Reuters, Minggu (11/6/2017).

Alavi mengatakan bahwa pada bulan lalu kementerian intelijen telah mengidentifikasi dan menghancurkan "tim teroris" hampir setiap hari. Namun hal itu sengaja tidak dipublikasikan untuk menghindari timbulnya ketakutan di kalangan publik.

Pihak berwenang Iran juga telah menangkap tujuh orang yang diduga membantu militan yang terlibat dalam serangan, kata seorang pejabat pengadilan.

Sekelompok pria bersenjata menyerang gedung parlemen Iran dan seorang pembom bunuh diri beraksi di makam Ayatollah Khomeini. ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian tersebut. Jika benar, maka ini adalah untuk pertama kalinya kelompok ekstrimis itu melancarkan serangan kepada Iran.

Meski begitu, Iran tetap melemparkan tuduhan jika Arab Saudi adalah pihak yang berada di balik serangan tersebut. Tuduhan ini dibantah dengan tegas oleh Arab Saudi.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)