Kelompok Bersenjata Serang Parlemen Iran, 12 Tewas

Rabu, 07 Juni 2017 - 22:29 WIB
Kelompok Bersenjata...
Kelompok Bersenjata Serang Parlemen Iran, 12 Tewas
A A A
TEHERAN - Sekelompok orang bersenjata dan pelaku bom bunuh diri telah menyerang parlemen Iran di Teheran dan makam Ayatollah Khomeini. Serangan tersebut menewaskan sedikitnya 12 orang.

Dikutip dari Al Jazeera, empat pria bersenjata menyerang gedung perkantoran parlemen pada Rabu (7/6/2017) pagi. Sementara makam pencetus revolusioner Iran, Ruhollah Khomeini, dihantam bom bunuh diri, media pemerintah melaporkan.

"Salah satu penyerang di komplek parlemen Iran meledakkan dirinya di lantai empat, saat dikepung oleh pasukan keamanan," penyiar IRIB melaporkan.

Anggota parlemen Elias Hazrati mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa tiga penyerang, satu dengan pistol dan dua dengan senapan serbu AK-47, menggerebek gedung perkantoran di komplek parlemen.

Sejumlah pejabat mengatakan sedikitnya 39 orang terluka dalam serangan tersebut.

Kantor berita ISNA mengutip seorang anggota parlemen yang mengatakan bahwa semua pintu parlemen ditutup dan akses ke komplek parlemen ditutup oleh polisi. Kantor berita semi-resmi Tasnim Iran mengatakan pengepungan di parlemen telah berakhir dan bahwa empat penyerang telah terbunuh.

"Ada kepanikan di jalan-jalan di ibukota karena serangan tersebut. Itu adalah kekacauan di dalam parlemen. Kemungkinan besar serangan ini terkoordinasi. Bukanlah suatu kebetulan bahwa hal itu terjadi dalam hitungan menit satu sama lain," kata Andrew Simmons dari Al Jazeera.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0167 seconds (0.1#10.140)