Presiden Jokowi: Dunia Diambang Revolusi Global

Selasa, 07 Maret 2017 - 11:20 WIB
Presiden Jokowi: Dunia Diambang Revolusi Global
Presiden Jokowi: Dunia Diambang Revolusi Global
A A A
JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi menyebut dunia saat ini sedang berada dalam kondisi kritis. Menurutnya dunia saat ini sedang berada diambang sebuah revolusi global.

Berbicara saat membuka Konfrensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Asociation (IORA) di Jakarta, Presiden menyebut setidaknya dunia sedang menghadapi dua jenis revolusi yakni revolusi teknologi dan revolusi politik.

"KTT ini menandai dua dekade penyelenggaraan IORA, dan terselenggara dalam keadaan yang kritis bagi perekonomian dunia bahkan bagi umat manusia. Semakin terasa dunia sekarang di tengah-tengah sebuah revolusi global. Pertama, sebuah revolusi teknologi yang tanpa belas kasihan telah mempenetrasi dan melakukan perubahan ke depan," ucap Presiden Jokowi.

"Kedua, sebuah revolusi politik yang berpotensi menandai permulaan sebuah era populisme. Dan di saat kedua revolusi ini menyatu, seperti dua cairan yang eksplosif yang mengalir bertabrakan. Kalau di zaman kuno kita pernah bicara mengenai wajah meluncurkan seribu kapal, sekarang ini kita berkata mengenai tweet yang meluncurkan ribuan likes," sambungnya, Selasa (7/3/2017).

Terkait IORA, Presiden Jokowi menyebut IORA adalah sebuah komunitas yang unik. Menurutnya, kawasan IORA mempunyai tapak raksasa. Sebuah kawasan yang sekaligus kaya tapi juga masih ada kantong-kantong kemiskinan.

"Sebuah kawasan yang kaya dengan tradisi tapi harus kita akui memerlukan modernisasi di banyak aspek. Beberapa tahun ini, IORA telah memfasilitasi banyak prakarsa-prakarsa penting di berbagai bidang. IORA tentunya memfasilitasi banyak kerja sama di bidang kemaritiman, ditandai tahun 2015 dengan kita telah menerbitkan deklarasi kerja sama maritim IORA di Padang, Indonesia," tukasnya.
(ian)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1055 seconds (10.55#12.26)