Menlu Retno: Tantangan Global Ciptakan Rasa Saling Tak Percaya

Senin, 06 Maret 2017 - 15:36 WIB
Menlu Retno: Tantangan Global Ciptakan Rasa Saling Tak Percaya
Menlu Retno: Tantangan Global Ciptakan Rasa Saling Tak Percaya
A A A
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan, terorisme, imigran, dan kejahatan lintas batas lainnya telah membawa perubahan besar di kawasan Samudera Hindia. Hal ini, lanjut Retno, berdampak pada tingkat kepercayaan antar negara di kawasan itu, terutama anggota Indian Ocean Rim Acociaton (IORA).

"Sejak pertemuan di Bali tahun lalu, kita terus menyaksikan sejumlah tantangan, seperti konflik, terorisme, pengungsi, perdagangan obat terlarang, dan perubahan iklim. Juga perubahan orde politik dan ekonomi global sebagai hasil dari populisme dan proteksionism," kata Retno.

"Perubahan ini menyebabkan ketidakpastian dan memperdalam ketidakpercayaan antar negara, budaya, dan komunitas. Efek tantangan ini juga akan berdampak pada kita di kawasan lingkar Samudera Hindia," sambungnya saat membuka pertemuan tingkat Menteri IORA di Jakarta pada Senin (6/3).

Retno kemudian menyebut, untuk mencapai stabilitas dan keamanan di kawasan sangat tergantung pada setiap negara apakah mau terbawa perubahan, atau membangun kepercayaan, dan menjaga situasi kondusif yang membuat seluruh negara di kawasan bisa memetik keuntungan dari perdamaian yang ada.

"Saya yakin, dengan kehadiran anda semua di sini, setiap anggota IORA ingin berbuat sesuatu. Karena itu, kita akan memimpin dengan mendorong kerjasama regional dan internasional yang lebih dekat untuk mempertahankan stabilitas, perdamaian, dan keamanan di kawasan. Melalui kemitraan yang lebih dekat kita akan mengubah tantangan global menjadi kesempatan di kawasan samudera hindia," ucapnya.

Dia menambahkan untuk mencapai tujuan tersebut Indonesia sebagai ketua IORA telah memilih tema untuk memperkuat kerjasama maritim untuk kawasan Samudera Hindia yang damai, stabil, dan makmur dalam pertemuan tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6224 seconds (0.1#10.140)