Kumpul di RI, Negara-negara Samudra Hindia Bakal Bahas Keamanan Laut

Kamis, 02 Maret 2017 - 15:56 WIB
Kumpul di RI, Negara-negara Samudra Hindia Bakal Bahas Keamanan Laut
Kumpul di RI, Negara-negara Samudra Hindia Bakal Bahas Keamanan Laut
A A A
JAKARTA - Negara-negara di kawasan Samudra Hindia atau Indian Ocean Rim Association (IORA) akan mengikuti konferensi tingkat tinggi (KTT) yang digelar di Indonesia pada 5 hingga 7 Maret 2017. KTT IORA kali ini akan membahas keamanan maritim atau laut setelah belajar dari krisis Laut China Selatan.

”Pertemuan tingkat menteri ada rencana IORA untuk empat tahun ke depan terutama pada isu keamanan, perempuan dan sebagianya,” kata Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Indonesia, Desra Percaya, Kamis (2/3/2017).

“Pada pertemuan tingkat menteri akan ada deklarasi kontra terorime and ekstremisme.” Lanjut Desra.

”Satu elemen penting hukum internasional seperti UNCLOSE (Hukum Laut PBB) di Samudera Hindia (akan dibahas). Dasarnya apa yang sudah terjadi di Laut China Selatan. Terlihat, bahwa ini tidak dijaga sedari awal. Kita tidak ingin ada major power berebut. Makanya kami ingin terapkan UNCLOSE ini,” ujarnya.

KTT yang akan digelar di Indonesia ini merupakan KTT IORA yang pertama. Sejak berdiri pada tahun 1997, IORA hanya melakukan pertemuan pada tingkat pejabat tinggi dan Menteri Luar Negeri.

Menurut Desra, pembahasan mengenai keamanan maritim juga sesuai dengan visi yang dimiliki Indonesia, di mana Presiden Joko Widodo ingin Indonesia menjadi poros maritim dunia.

KTT IORA nanti akan menghasilkan IORA Concorde. Sedangkan di pertemuan tingkat menteri akan ada lebih banyak dokumen yang dihasilkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5630 seconds (0.1#10.140)