Wapres AS Sebut Rusia Ancaman Terbesar bagi Tatanan Dunia

Rabu, 18 Januari 2017 - 20:58 WIB
Wapres AS Sebut Rusia...
Wapres AS Sebut Rusia Ancaman Terbesar bagi Tatanan Dunia
A A A
DAVOS - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden mengatakan, Rusia adalah ancaman terbesar bagi tatanan dunia saat ini. Menurut Biden, ini disebabkan oleh kebijakan yang menurutnya berbahaya.
Biden, yang berbicara di Forum Ekonomi Dunia di Davos menyatakan, Washington harus bekerja dengan Eropa untuk melawan Vladimir Putin.
"Di bawah Presiden Putin, Rusia bekerja sama dengan setiap alat yang tersedia bagi mereka untuk mengurangi proyek-proyek di Eropa, menguji garis batas negara-negara Barat dan kembali ke politik yang ditentukan oleh lingkungan yang berpengaruh," kata Biden, seperti dilansir Reuters pada Rabu (18/1).
"Dengan banyak negara di Eropa dijadwalkan untuk mengadakan pemilu tahun ini, kita harus menduga akan adanya upaya lebih lanjut oleh Rusia untuk ikut campur dalam proses demokrasi itu, saya yakin akan itu, dan lagi tujuannya adalah jelas meruntuhkan tatanan internasional," sambungnya.
Sebelumnya, saat melakukan kunjungan ke Ukraina awal pekan ini, Biden juga menyebut Rusia sebagai negara agresor, dan menyerukan dunia internasional untuk bersatu melawan agresi yang dilakukan Moskow.
"Kita melawan dua hal, yakni korupsi yang menyerang dari dalam layaknya kanker dan kedua adalah agresi tak henti-hentinya dari Kremlin. Masyarakat internasional harus terus berdiri sebagai satu kesatuan melawan pemaksaan dan agresi yang dilakukan oleh Rusia," ucapnya kala itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9665 seconds (0.1#10.140)