Negara Teluk Ucapkan Belasungkawa Atas Kematian Rafsanjani

Senin, 09 Januari 2017 - 20:35 WIB
Negara Teluk Ucapkan...
Negara Teluk Ucapkan Belasungkawa Atas Kematian Rafsanjani
A A A
DUBAI - Empat dari lima anggota Anggota Kerjasama Teluk (GCC) menyatakan belasungkawa atas wafatnya mantan Presiden Iran, Ayatollah Akbar Hashemi Rafsanjani. Empat negara itu adalah Bahrain, Kuwait, Qatar dan Uni Emirat Arab, hanya Arab Saudi yang sejauh ini belum menyatakan ucapan belasungkawa.
Melansir Reuters pada Senin (9/1), melalui akun Twitternya Menteri Negara Urusan Luar Negeri UEA Anwar Gargash melemparkan pujian terhadap sosok Rafsanjani. Dia menyatakan Rafsanjani sebagai salah satu tokoh yang menyuarakan realisme politik dan moderasi.
Sama halnya dengan Gargasih, Menteri Luar Negeri Bahraian Sheikh Khaled bin Ahmed al-Khalifa turut menyatakan belasungkawa melalui akun Twitternya. Bahrain adalah salah satu negara yang berseteru dengan Iran.
Sementara itu, pejabat tinggi dari Kuwait dan Qatar dilaporkan telah melakukan kontak langsung dengan Iran untuk mengucapkan belangsungkawa atas kematian Rafsanjani.
Terkait Saudi, Rafsanjani sejatinya adalah salah satu tokoh yang rajin menyerukan perbaikan hubungan dengan Saudi, dan dikenal memiliki hubungan baik dengan para pejabat senior Saudi. Dia juga dipandang sebagai tokoh kunci yang bisa menyelesaikan masalah antara Teheran dan Riyadh.
Rafsanjani meninggal dunia di usia 82 tahun pada hari Minggu. Dia meninggal di rumah sakit setelah menderita serangan jantung. Dia dikenal sebagai veteran politik Iran. Dia menjabat sebagai presiden selama delapan tahun, sejak 1987. Pada 2005, dia maju dalam pemilu presiden, namun dikalahkan Mahmoud Ahmadinejad.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7397 seconds (0.1#10.140)