Dubes Myanmar Sebut Situasi Rohingnya Aman

Selasa, 27 Desember 2016 - 15:29 WIB
Dubes Myanmar Sebut Situasi Rohingnya Aman
Dubes Myanmar Sebut Situasi Rohingnya Aman
A A A
JAKARTA - Duta Besar Myanmar untuk Indonesia, Aung Htoo mengatakan situasi Rakhine State, lokasi tempat bermukimnya warga Rohingnya sudah aman. Dia juga menyebut saat ini pemerintah Myanmar sedang melakukan pendataan warga Rohingnya yang tinggal disana.

"Sejauh ini situasi di sana aman dan terkendali, segala sesuatunya baik. Kami juga telah melakukan sensus terhadap warga, ada lebih dari sekitar satu juta orang, dan sekarang kami sedang menyensus sekitar 400 ribu orang lainnya," kata Aung Htoo.

"ASEAN juga telah berjanji untuk membantu Rakhine State dalam hal kemanusiaan. Saya fikir Indonesia akan mengirimkan 10 kontainer makanan ke Rakhine untuk membantu orang disana," sambungnya pada Selasa (27/12/2016).

Sementara itu ketika disinggung mengenai pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN di Yangon beberapa waktu lalu, Aung Htoo menuturkan pertemuan itu dimaksudkan untuk menjelaskan situasi sebenarnya di Rakhine State.

"Mereka ingin tahu tentang situasi terkini di Rakhine dan mereka menyetujui tentang pemberian bantuan, terutama bantuan kemanusiaan, dan sepakat untuk membantu menyelesaikan masalah. Tapi yang terpenting bagi saya, delapan lembaga PBB sudah mulai menghidupkan kehidupan di sana. Kini semuanya berjalan normal kembali," tukasnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2909 seconds (0.1#10.140)