Israel Kembalikan 9 Jenazah Warga Palestina

Sabtu, 24 Desember 2016 - 18:04 WIB
Israel Kembalikan 9 Jenazah Warga Palestina
Israel Kembalikan 9 Jenazah Warga Palestina
A A A
YERUSALEM - - Israel telah menyerahkan sembilan jenazah warga Palestina yang tewas karena diduga melakukan serangan terhadap tentara dan warga sipil. Demikian pernyataan militer Israel.

"Lima dari jenazah itu berasal dari wilayah bergolak Hebron di Tepi Barat yang diduduki," kata seorang juru bicara militer dengan menambahkan jenazah-jenazah tersebut diserahkan kepada otoritas Palestina seperti dikutip dari The New Arab, Sabtu (24/12/2016).

Jenazah warga Palestina itu dikembalikan seminggu setelah Israel menyerahkan tujuh jenazah warga lainya kepada otoritas Palestina.

Gelombang serangan Palestina meletus tahun lalu, namun kekerasan tersebut telah mereda dalam beberapa bulan terakhir. Sejak Oktober 2015, setidaknya 246 warga Palestina tewas ditembak militer Israel dimana 33 diantara mereka di bawah usia 18 tahun.

Kelompok-kelompok HAM menuduh Israel melakukan pembunuhan di luar hukum atau ekstra yudisial terhadap warga Palestina. "Pasukan Israel menampilkan sebuah pengabaian yang mengerikan bagi kehidupan manusia dengan nekat menggunakan kekuatan mematikan dan melanggar hukum terhadap warga Palestina," kata Amnesty International.

Kelompok hak asasi itu mengatakan telah mengirim memorandum kepada pihak berwenang di Tel Aviv merinci setidaknya 20 kasus pembunuhan ekstra yudisial terhadap warga Palestina oleh pasukan Zionis. "Warga Palestina sengaja ditembak mati, meskipun sikapnya tidak memberikan ancaman, dalam aksi yang tampak seperti eksekusi di luar hukum," kata Amnesty.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)