Malaysia Desak ASEAN Kerjasama Selesaikan Masalah Rohingnya

Senin, 19 Desember 2016 - 16:07 WIB
Malaysia Desak ASEAN Kerjasama Selesaikan Masalah Rohingnya
Malaysia Desak ASEAN Kerjasama Selesaikan Masalah Rohingnya
A A A
YANGON - Malaysia menyerukan negara-negara ASEAN untuk melakukan kerjasama guna menyelesaikan masalah Rohingnya. Malaysia menyebut situasi di Rakhine State, wilayah yang menjadi pusat krisis warga Rohingnya sudah sangat memprihatinkan.
Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman mengatakan, penderitaan Muslim Rohingya di Myanmar adalah kekhawatiran regional. Ia mendesak ASEAN untuk mengkoordinasikan bantuan kemanusiaan dan menyelidiki dugaan kekejaman yang dilakukan terhadap mereka.
"Kami percaya situasi sekarang adalah keprihatinan regional dan harus diselesaikan bersama-sama," kata Anifah paska pertemuan tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN di Yangon, Myanmar, seperti dilansir Reueters pada Senin (19/12).
Dia menambahkan, kemajuan dalam meningkatkan HAM warga Rohingnya berjalan lamban, yang ditandai dengan masih adanya laporan mengenai penangkapan sewenang-wenang, pembunuhan di luar hukum, dan pemerkosaan oleh tentara.
Pertemuan di Yangon sendiri merupakan inisiatif dari undangan Menteri Luar Negeri Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi. Pertemuan ini disebut sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan antara Suu Kyi dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi pada awal Desember lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4984 seconds (0.1#10.140)