Bernie Sanders: Perlu Ada Perubahan Dalam Sistem Pemilu AS

Senin, 28 November 2016 - 14:41 WIB
Bernie Sanders: Perlu Ada Perubahan Dalam Sistem Pemilu AS
Bernie Sanders: Perlu Ada Perubahan Dalam Sistem Pemilu AS
A A A
WASHINGTON - Senator dari Vermont, Amerika Serikat (AS), Bernie Sander menyatakan dukungan terhadap usulan perubahan dalam sistem pemilu AS. Menurutnya, ada yang perlu diubah, khususnya dalan penetapan electoral college.
Dalam sebuah wawancara dengan CNN, mantan saingan Hillary Clinton dalam perbutan posisi calon Presiden di Partai Demokrat itu menilai sistem pemilu AS yang ada saat ini kurang proporsional.
"Kita memiliki satu calon yang mendapat dua juta lebih suara dari calon lain dan dia tidak akan dilantik sebagai Presiden. Dan saya pikir di permukaan itu terlihat sedikit aneh," ucap Sanders, seperti dilansir Al Jazeera pada Senin (27/11).
Di kesempatan yang sama, dia juga mengaku mendukung upaya penghitungan ulang Wisconsin, dan menyebut hal semacam ini bukanlah sebuah hal yang baru. "Tidak ada yang mengharapkan akan ada perubahan besar, tapi tidak ada yang salah dengan mengikuti proses ini," sambung pria berambut putin tersebut.
Sebelumnya, Donald Trump mengecam keputusan tim kampanye Hillary Clinton. Tim kampanye Hillary memutuskan untuk ikut dalam penghitungan ulang hasil pilpres di Wisconsin.
Trump pun mengingatkan rivalnya tersebut, bahwa ia sudah mengakui kekalahannya, dan menyinggung pernyataan Hillary saat debat capres yang akan menerima hasil pemilu.
Lewat akun Twitternya, Trump mengaku sedih dengan keputusan peghitungan ulang itu. "Jadi banyak waktu dan uang yang akan dihabiskan, hasilnya akan tetap sama!," cuit Trump.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6578 seconds (0.1#10.140)