Negara Teluk Desak OKI Cabut Keanggotaan Iran

Senin, 21 November 2016 - 16:53 WIB
Negara Teluk Desak OKI...
Negara Teluk Desak OKI Cabut Keanggotaan Iran
A A A
RIYADH - Dewan Hubungan Internasional Teluk (COGIR), meminta Dewan Kerjasama Teluk (GCC) untuk mendesak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) untuk mengeluarkan Iran sebagai anggota mereka. COGIR menyebut Iran sebagai salah satu negara sponsor terorisme.
"Kami meminta GCC agar mendesak OKI untuk mengeluarkan Iran, karena tindakan mereka yang merugikan terhadap persatuan dan solidaritas Islam dan mensponsori terorisme, serta mempromosikan sektarianisme," kata COGIR dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (21/11).
"Dorongan Teheran terhadap agen mereka di Yaman untuk menargetkan Makkah menunjukkan kepada dunia Muslim, kebencian negara tersebut terhadap situs suci Islam," sambungnya, merujuk pada pemberontak Houthi.
Bulan lalu, 11 negara menulis surat kepada Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon yang berisi peringatan mengenai tindakan negatif Iran di kawasan. Mereka mengatakan, tindakan Iran itu menyebabkan ketegangan dan ketidakstabilan di kawasan.
Surat itu menyebutkan kebijakan ekspansionis Teheran, yang merupakan pelanggaran mencolok dari prinsip kedaulatan dan gangguan konstan dalam urusan internal negara-negara Arab.
Surat itu ditandatangani oleh duta besar PBB dari Bahrain, Mesir, Yordania, Kuwait, Maroko, Oman, Qatar, Arab Saudi, Sudan, Uni Emirat Arab dan Yaman.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9921 seconds (0.1#10.140)