Mantan Pembantu Presiden Korsel Ditangkap

Jum'at, 04 November 2016 - 10:18 WIB
Mantan Pembantu Presiden Korsel Ditangkap
Mantan Pembantu Presiden Korsel Ditangkap
A A A
SEOUL - Jaksa Korea Selatan telah menangkap seorang mantan ajudan Presiden Park Geun-hye. Ini adalah penangkapak kedua dalam skandal menjajakan pengaruh presiden yang mengguncang negara itu.

Jaksa mengatakan mereka munuduh mantan penasehat senior An Chong-bum, dan teman lama Presiden Park Choi Soon-sil, telah memaksa konglomerat Korsel menyumbangkan dana untuk yayasan non-profit menggunakan koneksi mereka dengan Presiden seperti dikutip dari News.com.au, Jumat (4/11/2016).

Sebelumnya, pada Rabu lalu, Jaksa telah meminta pengadilan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan terhadap Choi Soon-sil. Jaksa menahannya atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan penipuan usaha. Choi saat ini ditempatkan di bawah tahanan darurat sementara hingga Senin.

Baca juga:
Ikut Campur Urusan Negara, Teman Presiden Korsel Ditangkap


"Seoul Central Court telah memberikan surat perintah untuk menangkap Choi pada Kamis," kata seorang pejabat pengadilan. Sementara sebuah surat perintah penangkapan resmi memungkinkan untuk dikeluarkan hingga 20 hari ke depan.

Sementara itu, ditengah skandal yang muncul, Presiden Park Geun-hye mengganti perdana menteri dan menteri keuangan. Langkah ini dikecam oleh lawan-lawan politiknya sebagai upaya untuk mengalihkan perhatian dari krisis yang telah menjatuhkan popularitasnya. Anggota partai oposisi juga menyerukan jaksa untuk menyelidiki Park.

Baca juga:
Diguncang Skandal Politik, Korsel Tunjuk PM dan Menkeu Baru
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3031 seconds (0.1#10.140)