Helikopter Militer Jatuh di Afghanistan, 8 Tewas

Minggu, 09 Oktober 2016 - 15:30 WIB
Helikopter Militer Jatuh di Afghanistan, 8 Tewas
Helikopter Militer Jatuh di Afghanistan, 8 Tewas
A A A
KABUL - Para pejabat Afghanistan mengatakan delapan orang tewas ketika sebuah helikopter militer Afghanistan jatuh di provinsi Baghlan utara. Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Afghanistan, Dawlat Waziri, lima awak dan tiga tentara tewas dalam kecelakaan tersebut.

Kecelakaan itu terjadi di distrik Dand Ghori saat helikopter itu memasok kebutuhan untuk pangkalan militer Qarghan Tapa. Waziri menyebut masalah teknis menjadi penyebab kecelakaan dan menolak klaim pemberontak yang menyatakan telah menembak jatuh helikopter tersebut.

"Satu helikopter tiba-tiba jatuh saat berpatroli di udara bersama dua helikopter lainnya ketika masalah teknis menyebabkan helikopter terbakar dan jatuh," terang Warizi seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Minggu (9/10/2016).

Namun juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bertanggung jawab jatuhnya pesawat tersebut. Ia mengatakan pesawat tersebut ditembak jatuh oleh anggota Taliban.

Dua pejabat provinsi di Baghlan juga mengatakan bahwa helikopter itu telah ditembak jatuh oleh gerilyawan saat memasok makanan, air, amunisi ke pangkalan militer.

Para pejabat mengatakan pangkalan militer Qarghan Tapa telah dikepung oleh pemberontak selama seminggu, meninggalkan lebih dari seratus tentara terjebak di dalamnya. Mereka mengatakan semua jalan ke dasar telah dilumpuhkan oleh gerilyawan dan satu-satunya cara untuk memasok mereka adalah lewat udara.

Gerilyawan Taliban telah meningkatkan serangan mereka terhadap pasukan keamanan Afghanistan di Baghlan dan tetangga provinsi Kunduz dalam beberapa bulan terakhir.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5469 seconds (0.1#10.140)