Dituding Kemplang Pajak, Cawapres Republik Malah Puji Trump

Rabu, 05 Oktober 2016 - 10:37 WIB
Dituding Kemplang Pajak, Cawapres Republik Malah Puji Trump
Dituding Kemplang Pajak, Cawapres Republik Malah Puji Trump
A A A
WASHINGTON - Calon wakil presiden Partai Republik Mike Pence memuji pasangannya, Donald Trump, yang dituding mengemplang pajak selama 18 tahun. Pujian itu dilontarkannya dalam debat wakil presiden di Farmvillle, Virginia.

Saat ditanya mengapa calom presiden dari Partai Republik itu tidak membayar pajak pendapatan federal selama hampir dua dekade, Gubernur Indiana malah menyebut taipan Hotel tersebut telah melakukan hal yang brilian dalam menangani masalah pajak. Menurut Pence, ada perbedaan antara Hillary Clinton dan wakilnya Tim Kaine dengan Trump jika ditanya mengenai pajak. Trump adalah seorang pengusaha dan bukan politisi.

"Ia sudah melalui waktu-waktu yang sulit. Dia melakukannya dengan cemerlang," kata Pence memuji manajemen pajak yang dilakukan oleh Trump seperti dikutip dari Independent, Rabu (5/10/2016).

Saat debat berlangsung, Kaine sempat mempertanyakan kenapa Trump tidak pernah merilis laporan pajaknya kepada Pence. "Kita menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis. Dia akan merilis laporan pajaknya ketika audit selesai," kata Pence.

Pence sendiri telah mempublikasikan laporan pajaknya untuk membuktikan bahwa ia memenuhi syarat untuk menjadi wakil presiden Trump. Namun, Trump sejauh ini menolak untuk melakukan hal tersebut.

Trump beralasan tidak akan merilis laporan pajaknya karena tengah diaudit. Meski begitu, sejumlah miliarder macam Warren Buffet mengatakan bahwa laporan pajak dapat dirilis meski tengah di audit

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu, harian New York Times menurunkan laporan yang menyatakan taipan eksentrik itu kemungkinan telah menghindari membayar pajak hingga USD 1 miliar akibat kerugian yang dideritanya pada 1995 lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6594 seconds (0.1#10.140)