Dihantam Topan Meranti, Taiwan Lumpuh

Rabu, 14 September 2016 - 12:44 WIB
Dihantam Topan Meranti, Taiwan Lumpuh
Dihantam Topan Meranti, Taiwan Lumpuh
A A A
TAIPEI - Puluihan ribu rumah kehilangan akses terhadap listrik, sekolah-sekolah diliburkan, bandara dan pelabuhan di Taiwan tidak dapat beroperasi akibat badan topan Meranti. Otoritas Taiwan menyebut badai ini sebagai yang terbesar yang pernah melanda Taiwan.
Biro Cuaca Pusat Taiwan memperingatkan bahwa badai kategori 5 akan mengancam beberapa kota selatan dan timur Taiwan, termasuk Kaohsiung dan Hualien, dengan angin kencang, hujan deras dan banjir.
Ahli meteorologi menyebut topan Meranti, yang terus bertambah kuat saat mendekati Taiwan, membawa angin dengan kecapatan maksimum 216 km per jam. Sejumlah kerusakan, seperti tiang listrik roboh, dan banyaknya pohon tumbang dilaporkan terjadi akibat terjadi akibat terjangan topan itu.
"Topan ini terkuat sejauh tahun ini di dunia. Dampaknya pada Taiwan akan mencapai puncaknya sepanjang hari ini," kata juru bicara Biro cuaca Hsieh Pei-yug, seperi dilansir Reuters pada Rabu (14/9).
Selain Taiwan, topan Meranti juga diprediksi akan melewati provinsi di China selatan, yakni Guangdong dan Fujian. Topan itu diprediksi akan melewati dua wilayah itu pada esok hari, di mana pihak berwenang sudah membatalkan layanan kereta api dan bersiap-siap untuk mengevakuasi warga.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7241 seconds (0.1#10.140)