Iran Benarkan Eksekusi Ilmuwan Nuklir Terkait Spionase

Senin, 08 Agustus 2016 - 04:25 WIB
Iran Benarkan Eksekusi Ilmuwan Nuklir Terkait Spionase
Iran Benarkan Eksekusi Ilmuwan Nuklir Terkait Spionase
A A A
TEHERAN - Pihak berwenang Iran benarkan telah mengeksekusi seorang ilmuwan nuklir yang secara misterius muncul di Amerika Serikat (AS) enam tahun lalu dan kembali ke Teheran beberapa bulan kemudian. Ini adalah konfirmasi resmi pertama terkait nasib ilmuwan itu sejak tiba kembali di Iran.

Baja juga:
Membelot ke AS, Ilmuwan Nuklir Iran Dieksekusi


Para pejabat Iran tidak memberikan rincian tentang tuduhan terhadap Shahram Amiri yang kasusnya meninggalkan pertanyaan. Amiri dinyatakan secara sukarela membelot ke AS atau diculik oleh agen CIA saat ziarah ke Arab Saudi pada tahun 2009 sesuai dengan pengakuannya seperti dikutip dari Washington Post, Senin (8/8/2016).

Juru bicara pengadilan Iran, Gholamhossein Mohseni Ejei mengatakan bahwa Amiri dihukum atas tuduhan mata-mata karena ia memberikan musuh informasi penting milik negara. Namun Ejei tidak menjelaskan mengapa penahanan dan persidangan Amiri dilakukan secara rahasia, atau sejauh mana dugaan informasi rahasia itu dibocorkan.

Terkait eksekusi Amiri juga tidak diberitahukan kapan terjadi, tapi Iran diketahui melaksanakan hukuman gantung terhadap sejumlah narapidana pada Selasa lalu. Pemberitahuan kematian Amiri muncul di kota kelahirannya Kemanshahm 200 mil barat daya Teheran, dilaporkan oleh Associated Press, mengutip surat kabar reformis Iran Shargh.

Amiri, yang lahir pada tahun 1977, menghilang setelah berziarah ke Mekkah pada tahun 2009 lalu. Ia kemudian muncul setahun kemudian di AS dan mengatakan ia telah diculik. Ia juga mengaku berada di bawah tekanan psikologis yang kuat untuk mengungkapkan informasi sensitif kepada CIA.

Dalam video lain ia mengklaim telah melarikan diri dari tahanan AS. Ia kemudian kembali ke Teheran pada 2010 untuk mendapatkan sambutan bak pahlawan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5284 seconds (0.1#10.140)