Pengacara Tegaskan Ulama Top Zakir Naik Tak Terlibat Terorisme

Selasa, 02 Agustus 2016 - 19:33 WIB
Pengacara Tegaskan Ulama Top Zakir Naik Tak Terlibat Terorisme
Pengacara Tegaskan Ulama Top Zakir Naik Tak Terlibat Terorisme
A A A
MUMBAI - Mubin Solkar, pengacara ulama top Dr. Zakir Naik menegaskan, kliennya tidak terlibat atau mendukung terorisme. Dia juga menyebut, laporan yang menyatakan adanya 55 orang terduga teroris yang ditangkap di India memiliki hubungan atau terinspirasi oleh ceramah Zakir, adalah sebuah kebohongan semata.

Solkar menjelaskan, isi ceramah Zakir atau pidato-pidatonya diperiksa dalam konteks di mana ia berbicara dan keseluruhan kuliahnya, tidak ada yang pernah akan menyimpulkan ceramah Zakir akan menginspirasi terorisme atau menginspirasi orang lain untuk melakukan tindakan teroris.

"Oleh karena itu, saya tidak setuju bahwa 55 orang ini mungkin telah terinspirasi oleh Dr Zakir untuk melakukan tindakan teroris," kata Solkar, seperti dilansir Indian Times pada Selasa (2/8).

Dia juga mencatat, tidak ada Laporan Informasi Pertama (FIR) yang diajukan oleh otoritas resmi India terhadap Zakir. Sejauh ini, FIR hanya diajukan oleh sejumlah pihak, yang merupakan anggota kelompok sayap kanan di India.

"FIR tersebut didaftarkan oleh beberapa orang yang jelas-jelas memiliki kesetiaan kepada sayap kanan. Mereka mengandalkan potongan ceramah Zakit di internet, dan tidak mengandalkan seluruh isi ceramahnya. Kami sudah mengajukan permohonan tertulis kepada Pengadilan Tinggi Bombay untuk menjegal tiga FIR yang diajukan di Maharashtra," tukasnya.

FIR sendiri adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh organisasi kepolisian di Bangladesh, India dan Pakistan setelah menerima informasi tentang pelanggaran. Hal ini mirip dengan kertas penyelidikan yang mengikuti laporan polisi yang diajukan oleh korban pelanggaran atau oleh seseorang atas nama korban.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5838 seconds (0.1#10.140)