Cegah Perpecahan, Ketua Komite Nasional Partai Demokrat AS Mundur

Senin, 25 Juli 2016 - 05:59 WIB
Cegah Perpecahan, Ketua Komite Nasional Partai Demokrat AS Mundur
Cegah Perpecahan, Ketua Komite Nasional Partai Demokrat AS Mundur
A A A
WASHINGTON - Ketua Komite Nasional Partai Demokrat (DNC), Debbie Wasserman Schultz, mengundurkan diri dari jabatannya jelang dilangsungkannya konvensi partai itu. Pengunduran diri Schultz tidak terlepas dari bocornya puluhan ribu email petinggi partai yang beramai-ramai membenci kempanye Bernie Sanders oleh WikiLeaks.

Dalam sebuah pernyataan, Schultz menyatakan bahwa cara terbaik bagi partai untuk mencapai tujuannya menempatkan Hillary di Gedung Putih adalah dengan pengunduran dirinya. Sanders sendiri sebelumnya juga telah menuntut Schultz untuk mengundurkan diri seperti dikutip dari Reuters, Senin (25/7/2016).

Menanggapi hal ini, Sanders mengatakan Schultz telah membuat keputusan yang tepat untuk masa depan Partai Demokrat. "Pemimpin partai juga harus selalu tetap berimbang dalam proses pencalonan presiden, sesuatu yang tidak terjadi di 2016," katanya.

Mundurnya Schultz adalah pukulan telak dalam upaya Partai Demokrat untuk mempertahankan keutuhan mereka. Hal ini sangat berbeda dengan volatilitas kandidat Partai Republik Donald Trump, yang secara resmi dicalonkan pada Konvensi Partai Republik pekan lalu. Konvensi Partai demokrat sendiri akan berlangsung selama empat hari di New York.

Situs anti kerahasiaan WikiLeaks membocorkan 20 ribu email milik petinggi Partai Demokrat yang menyoroti Bernie Sanders. Dalam bocoran email itu, para petinggi DNC mengeksplorasi cara untuk melemahkan kampanye Bernie Sanders termasuk memunculkan pertanyaan tentang apakah Sanders, yang seorang Yahudi, benar-benar seorang atheis.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4964 seconds (0.1#10.140)