5 Kapal Iran Dekati Kapal Perang AS di Selat Hormuz

Selasa, 12 Juli 2016 - 15:18 WIB
5 Kapal Iran Dekati Kapal Perang AS di Selat Hormuz
5 Kapal Iran Dekati Kapal Perang AS di Selat Hormuz
A A A
RIYADH - Pasukan elit Iran, Korps Garda Revolusi, mengirim lima kapal militer untuk memantau kapal perang Amerika Serikat (AS) yang tengah melakukan perjalanan melalui Selat Hormuz. Kapal Iran mendekati kapal perang AS sedekat 500 meter.

Lima kapal militer Iran yang dikirim untuk mendekati kapal perang AS terdiri dari empat kapal cepat, tiga diantaranya dilengkapi senapan mesin, dan sebuah kapal patroli yang dilengkapi dengan rudal.

Menurut Jenderal Joseph Votel, yang mengawasi pasukan militer AS di Timur Tengah, pendekatan yang dilakukan oleh Iran masih dalam kategori aman. Namun, ia mengingatkan bahwa waktu yang dibutuhkan oleh pasukan AS sangat sedikit untuk memutuskan apakah kapal Iran bisa menimbulkan ancaman atau tidak.

"Seperti yang Anda lihat, dalam ruang yang relatif terkompresi di sini, ada kesempatan besar untuk terjadinya salah perhitungan," kata Votel di atas kapal USS New Orleans sempat didekati oleh salah satu kapal militer Iran seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (12/7/2016).

Para pejabat AS menekankan bahwa pendekatan tersebut masih dalam kategori interaksi internasional, mereka telah menemuinya sebanyak 90 persen saat Angkatan Laut AS transit melalui Selat Hormuz sebanyak 250 kali setiap tahunnya. Hanya sekitar 10 persen pendekatan itu dikategorikan berbahaya, tidak normal, atau tidak profesional.

"Kami tidak selalu memiliki banyak waktu untuk berurusan dengan interaksi mereka. Saya pikir apa yang kita pelajari di sini hari ini adalah hal itu bisa diukur dalam ukuran menit," kata Votel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3590 seconds (0.1#10.140)