NATO Diminta Hindari Perlombaan Senjata dengan Rusia

Minggu, 19 Juni 2016 - 11:27 WIB
NATO Diminta Hindari Perlombaan Senjata dengan Rusia
NATO Diminta Hindari Perlombaan Senjata dengan Rusia
A A A
BERLIN - Mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroeder mengatakan, NATO harus tetap waspada untuk menghindari perlombaan senjata dengan Rusia. Pasalnya, hal itu tidak akan memecahkan masalah di arena internasional.

"Sekarang, kami (anggota NATO) harus berhati-hati untuk tidak memulai perlombaan senjata baru. Ini tidak akan membantu, baik mengurangi konflik atau mengembalikan hubungan baik dengan Rusia," kata Schroeder seperti dikutip dari laman Sputnik, Minggu (19/6/2016).

Terkait penyebaran 4.000 pasukan di negara-negara Baltik dan Polandia, Schroeder mengatakan bahwa ia menganggap perlu untuk NATO mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap Rusia.

"Seperti mengasumsikan bahwa seseorang di pemerintahan Rusia dapat menginvasi setiap negara di blok itu meski tidak ada hubungan dengan kenyataan yang ada," katanya.

Sejak tahun 2014, hubungan antara Rusia dan Uni Eropa telah memburuk di tengah krisis di Ukraina. Brussels, Washington, dan sekutu mereka telah menjatuhkan sejumlah sanksi anti Rusia sejak reunifikasi Crimea dengan Moskow pada 2014. Rusia juga dituduh ikut campur tangan dalam konflik Ukraina.

Rusia telah berulang kali membantah tuduhan, memperingatkan bahwa sanksi-sanksi Barat yang kontraproduktif dan merusak stabilitas global.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7437 seconds (0.1#10.140)