China Berang Obama Bakal Temui Dalai Lama

Rabu, 15 Juni 2016 - 22:34 WIB
China Berang Obama Bakal Temui Dalai Lama
China Berang Obama Bakal Temui Dalai Lama
A A A
BEIJING - Pemerintah China mengecam rencana pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, dengan tokoh spiritual asal Tibet yang berada di pengasingan, Dalai Lama.

Presiden AS Barack Obama dijadwalkan bertemu dengan Dalai Lama secara pribadi di Gedung Putih. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengutuk rencana pertemuan tersebut.

"Jika AS berencana melakukan pertemuan ini, mereka mengirim sinyal yang salah untuk kemerdekaan dan separatis pasukan Tibet dan membahayakan sikap saling percaya dan kerja sama China-AS," kata Lu Kang seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/6/2016).

Barack Obama dan Dalai Lama telah bertemu beberapa kali. Obama sebelumnya menyatakan jika pemimpin Budha asal Tibet itu sebagai teman baik. Keduanya dijadwalkan akan kembali bertemu di Map Room, Gedung Putih.

Dalai Lama melarikan diri ke India setelah pemberontakan yang gagal terhadap kekuasaan China pada tahun 1959. Pemimpin Buddha mendorong otonomi lebih luas untuk Tibet. Sementara pemerintah China menuduhnya mendorong kemerdekaan bagi Tibet.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6473 seconds (0.1#10.140)