Rusia pada Turki: Tarik Pasukan Anda dari Irak!

Selasa, 31 Mei 2016 - 19:50 WIB
Rusia pada Turki: Tarik Pasukan Anda dari Irak!
Rusia pada Turki: Tarik Pasukan Anda dari Irak!
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov Sergei Lavrov mendesak Turki untuk segera menarik pasukannya dari Irak. Menurut Lavrov, keputusan Turki untuk tetap menempatkan pasukannya di Irak adalah sesuatu hal yang tidak bisa diterima.

"Ini (keputusan untuk tetap menempatkan pasukan di Irak) adalah posisi yang benar-benar tidak dapat diterima," kata Lavrov dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (31/5).

"Pada prinsipnya, saya percaya bahwa apa yang Turki lakukan layak untuk mendapatkan perhatian jauh lebih besar dari publik, khususnya dari publik di sisi mitra Barat kami," sambungnya.

Turki mulai mengerahkan pasukan ke Irak pada akhir tahun 2015 lalu. Sekitar 130 personel militer Turki telah dikerahkan ke wilayah Mosul kala. Ratusan tentara itu disebut memberikan pelatihan kepada militan bersenjata di Mosul.

Turki sempat menarik mundur pasukan mereka setelah mendapat tekanan dari Amerika Serikat (AS).Turki menarik beberapa pasukannya ke basis lain yang berada di dalam wilayah Kurdistan Irak . Turki juga mengatakan akan menarik mundur pasukannya keluar dari Provinsi Nineveh.

Meski begitu, Turki tidak menyebutkan jumlah pasukan yang mereka tarik dari Irak dan dipindahkan atau ditempatkan di mana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5974 seconds (0.1#10.140)