Dua Cara Afrika Mengatasi Terorisme

Rabu, 25 Mei 2016 - 16:22 WIB
Dua Cara Afrika Mengatasi Terorisme
Dua Cara Afrika Mengatasi Terorisme
A A A
JAKARTA - Duta Besar Mesir untuk Indonesia, Bahaaeldeen Bahgat Ibrahim Dessouki menuturkan, negara-negara Afrika memiliki dua cara melawan terorisme. Cara pertama adalah menggunakan cara keras melalui jalur militer, dan kedua ada cara lembut melalui dialog dan diplomasi.

Berbicara saat konferensi pers peringatan 53 tahun Uni Afrika (UA) di Jakarta, dirinya menuturkan bahwa kata-kata harus dilawan dengan kata-kata. Dalam artian, penyebaran paham harus dilawan dengan cara yang sama, yakni menyebarkan paham yang bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh teroris.

"Kami bekerja dengan kerangka kerja yang dibentuk UA, yakni melalui jalur militer dan juga jalur diplomasi. Kata-kata harus dilawan dengan kata-kata," ucap Dessouki pada Rabu (25/5).

"Saat ini al-Azhar tengah melakukannya. Dimana ulama-ulama al-Azhar saat ini telah melakukan kunjungan ke sejumlah negara Afrika untuk menyampaikan bahwa apa yang disampaikan teroris adalah sesuatu yang tidak benar," sambungnya.

Sejumlah negara Afrika saat ini memang tengah dihantui oleh aksi terorisme. Mesir saat ini diteror oleh kelompok pemberontak Sinai yang telah berafiliasi dengan ISIS, lalu Nigeria dan neagra sekitarnya diteror oleh Boko Haram, Libya oleh ISIS, dan Somalia untuk kelompok pemberontak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6940 seconds (0.1#10.140)