Rusia Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran

Jum'at, 20 Mei 2016 - 16:57 WIB
Rusia Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran
Rusia Siap Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Iran
A A A
MOSKOW - Badan Energi Atom Rusia, Rosatom menuturkan, pihaknya siap membangun pembangkit listrik tenaga nuklir di Iran. Pembangkit listrik itu dibernama nama proyek Bushehr-2.

Seorang sumber di Rosatom menuturnya, pihaknya akan mulai membangun pembangkit listrik itu, ketika Iran sudah selesai melakukan identifikasi parameter seismik di lokasi pembangunan. Mereka berharap sebelum akhir tahun pengerjaan proyek ini sudah dimulai.

"Kami berharap bahwa pihak Iran akan mengidentifikasi parameter seismik di situs, sehingga kita bisa mulai bekerja untuk membangun beberapa blok baru sebelum tahun ini berakhir," kata sumber itu, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (20/5).

Rusia sejatinya sudah pernah membangun pembangkit listrik tenaga nuklir untuk Iran, yakni pembangkit listrik Bushehr pertama. Busher merupakan salah satu wilayah yang berada di Iran.

Bushehr-1 diluncurkan pada September 2011 dan mencapai kapasitas pembangkit listrik maksimum pada bulan Agustus 2012.

Perjanjian untuk pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Bushehr sendiri sudah selesai pada tahun 1995, namun proyek ini tertunda beberapa kali karena sejumlah masalah teknis dan keuangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7275 seconds (0.1#10.140)