Rusia Siap Uji Coba Rudal Balistik Generasi Terbaru

Minggu, 08 Mei 2016 - 18:21 WIB
Rusia Siap Uji Coba Rudal Balistik Generasi Terbaru
Rusia Siap Uji Coba Rudal Balistik Generasi Terbaru
A A A
MOSKOW - Militer Rusia dilaporkan akan melakukan uji coba tudal balistik terbaru mereka, yakni rudal Sarmat. Menurut jaringan berita Rusia, Zvezda, uji coba itu kemungkinan besar akan dilakukan pada musim panas mendatang.

Menurut laporan Zvezda, seperti dikutip dari Sputnik pada Minggu (8/5), rudal ini mampu menembus semua sistem pertahanan yang ada di dunia. Termasuk sistem pertahanan milik Amerika Serikat (AS).

Rudal Sarmat RS-28 dikembangkan untuk menggantikan rudal R-36M Voevoda, yang disebut oleh NATO sebagai rudal Satan. Rudal R-36M adalah rudal balistik yang sudah digunakan Rusia sejak era Uni Soviet.

"Dalam hal ini, rudal Sarmat tidak hanya akan menjadi penerus R-36M, tetapi juga sampai batas tertentu akan menentukan ke arah mana pencegahan nuklir di dunia akan mengembangkan," bunyi laporan Zvevda.

RS-28, menurut Zvevda juga memiliki daya ledak yang luar bisa. Dalam sekali serangan, rudal balistik ini mampu menghancurkan sebuah wilayah seukurun Texas atau Prancis.

Sejatinya informasi mengenai rudal Sarmat bisa terbilang sangat sedikit. Beberapa sumber mengatakan bahwa Sarmat adalah rudal dua tahap dengan rentang perkiraan operasional 10.000 km dan massa minimal 100 ton, termasuk muatan berat dari hingga ton hingga 10 ton,

Kementerian Pertahanan Rusia sendiri berencana untuk menempatkan Sarmat ke dalam layanan miiter pada akhir 2018 dan secara menyeluruh akan menggantikan Voevoda pada tahun 2020.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9402 seconds (0.1#10.140)
pixels