RI Sebut Uji Coba Rudal Balistik Korut Mengkhawatirkan

Selasa, 26 April 2016 - 16:12 WIB
RI Sebut Uji Coba Rudal Balistik Korut Mengkhawatirkan
RI Sebut Uji Coba Rudal Balistik Korut Mengkhawatirkan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri turut bersuara mengenai uji coba rudal balistik yang dilakukan oleh Korea Utara (Korut). Indonesia menyebut uji coba rudal ini adalah sesuatu yang mengkhawatirkan.

"Pemerintah Indonesia mengungkapkan kekhawatiran yang mendalam atas uji coba misil kapal selam yang dilakukan oleh Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) pada tanggal 23 April 2016 yang telah menciptakan ketegangan, baik di kawasan maupun dunia internasional." kata Kemenlu, menggunakan nama resmi Korut.

"Tindakan tersebut bertentangan dengan semangat dari perjanjian komprehensif bebas nuklir dan pelanggaran kewajiban RDRK terhadap resoulsi Dewan Keamanan PBB Nomor 1718 (2006), 1874 (2009) dan 2087 (2013). Dalam situasi ini, Indonesia mendesak RDRK agar menahan diri untuk melakukan tindakan-tindakan provokasi yang dapat mempengaruhi situasi dan stabilitas," sambung siaran pers yang diterima pada Selasa (26/4).

Dalam siaran persnya, Kemlu juga menuturkan pemerintah Indonesia meminta agar pihak- pihak terkait untuk melanjutkan perundingan enam negara untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan semenanjung Korea.

Seperti diberitakan sebelumnya, Korut telah mengkonfirmasi melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Korut menyatakan bahwa uji coba itu sukses besar dan memberikan negara itu satu lagi alat untuk melakukan serangan nuklir yang kuat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6450 seconds (0.1#10.140)
pixels