Pembicaraan Damai Suriah Terancam Buntu

Rabu, 23 Maret 2016 - 17:53 WIB
Pembicaraan Damai Suriah Terancam Buntu
Pembicaraan Damai Suriah Terancam Buntu
A A A
JENEWA - Pembicaraan damai untuk mengakhiri krisis di Suriah berjalan alot. Kelompok oposisi menilai sulit menemukan kata sepakat dengan pemerintah Suriah. Pasalnya, kedua belah pihak tidak menemukan kesamaan pemikiran, meski telah lebih dari satu pekan menggelar pembicaraan damai.

"Kami tidak dapat menemukan kesamaan dalam menentukan sebuah dasar pemikiran untuk dituangkan dalam kertas perjanjian yang diajukan oleh pemerintah untuk diberikan kepada utusan khusus PBB (Staffan de Mistura)," kata Assad al-Zaoubi, ketua delegasi Dewan Oposisi seperti dikutip dari Reuters, Rabu (23/3/2016).

Alih-alih bernegosiasi damai, kelompok oposisi malah menuding Damaskus telah memperbaharui pengepungan dan meningkatkan pemboman terhadap warga sipil. Menurut Zoubi, pasukan pemerintah telah meningkatkan jumlah pengepungan dan meningkatkan kampanye pemboman barel selama beberapa hari terakhir.

Perang yang berkecamuk di Suriah telah berlangsung selama 5 tahun. Pertemuan di Jenewa yang diinisiasi oleh PBB adalah sebuah langkah positif untuk mengakhiri pertempuran yang telah menewaskan 470 ribu orang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5059 seconds (0.1#10.140)