Kurdi Irak: Turki Lakukan Genosida

Senin, 14 Maret 2016 - 21:47 WIB
Kurdi Irak: Turki Lakukan Genosida
Kurdi Irak: Turki Lakukan Genosida
A A A
MOSKOW - Pemerintah Kurdi Irak menuding pemerintah Turki telah melakukan genosida terhadap etnis Kurdi, khususnya yang berada di Irak. Tudingan ini muncul paska adanya laporan Turki melakukan serangan terhadap wilayah Kurdi di Irak.

"Tidak ada keraguan bahwa warga sipil menjadi pihak yang paling menderita dalam hal ini, dan itulah mengapa pemusnahan suku Kurdi adalah genosida yang sebenarnya," kata perwakilan Kurdi di Moskow, Aso Talabani.

Talabani, seperti dilansir Sputnik pada Senin (14/3), juga mengatakan bahwa hanya sedikit atau bahkan anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang berada di wilayah, dimana pemerintah Turki melakukan operasi militer.

"Katakanlah ada satu partisan di dalam satu rumah. Tapi ratusan orang warga sipil biasa di dalam rumah tersebut. Turki membom rumah-rumah itu dengan menggunakan tank dan helikopter. Untuk membunuh seorang militan, mereka harus membunuh ratusan warga sipil," sambungnya.

Staf Umum Turki memperkirakan bahwa lebih dari 1.000 militan Kurdi tewas dalam operasi anti-PKK sejak pertengahan Desember lalu. Namunm aktivis Kurdi, pada gilirannya, berpendapat bahwa sebagian besar mereka yang tewas dalam operasi militer Turki adalah warga sipil.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6179 seconds (0.1#10.140)