AS-Korsel Gelar Latgab, Korut Siaga Penuh

Sabtu, 12 Maret 2016 - 20:05 WIB
AS-Korsel Gelar Latgab, Korut Siaga Penuh
AS-Korsel Gelar Latgab, Korut Siaga Penuh
A A A
PYONGYANG - Korea Utara (Korut) dilaporkan tengah dalam status siaga penuh guna menanggapi rencana latihan perang gabungan antara Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) di selat Korea. Korut mengaku akan melancarkan serangan jika latgab itu memberikan ancaman kepada mereka.

"Unit garis depan telah siap untuk menyerang. Terlebih, jika mereka melihat tanda-tanda bahwa pasukan AS dan Korsel yang terlibat dalam latihan gabungan sedang berusaha untuk menyerang kami," kata staf umum Angkatan Darat Korut (KPA), seperti dilansir Al Jazeera pada Sabtu (12/3).

Staf umum KPA, dalam pernyataannya bahkan menyebut serangan yang mereka lakukan bukan hanya terhadap pasukan AS dan Korsel yang melakukan latihan gabungan, tapi juga seluruh Korsel. Operasi militer itu, menurut KPA adalah operasi pembebasan Korsel.

"Kami akan melawan latihan oleh AS dan Korsel dengan rencana untuk membebaskan seluruh Korsel, termasuk Seoul dan juga bahwa itu mampu melaksanakan serangan ultra-presisi blitzkrieg," sambungnya.

Menanggapi pernyataan KPA, pihak militer Korsel mendesak Korut untuk berhenti melakukan tindakan provokatif. Militer Korsel juga memperingatkan, setiap provokasi akan mengakibatkan kehancuran terhadap rezim Kim Jong-un.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6621 seconds (0.1#10.140)