Tentara Israel Kembali Robohkan Rumah Warga Palestina

Selasa, 23 Februari 2016 - 21:32 WIB
Tentara Israel Kembali Robohkan Rumah Warga Palestina
Tentara Israel Kembali Robohkan Rumah Warga Palestina
A A A
YERUSALEM - Buldoser milik tentara Israel menghancurkan rumah dua warga Palestina pelaku penyerangan di Tepi Barat pada tahun lalu yang menewaskan lima orang. Begitu bunyi pernyataan yang dikeluarkan oleh militer negara Zionis tersebut.

Militer Israel merubuhkan rumah milik Mohammed al-Haroub dan Raed Masalmeh di Tepi Barat. Mohammed al-Haroub adalah pelaku penembakan yang menewaskan seorang mahasiswa Amerika Serikat (AS), seorang warga Israel, dan Palestina.

Sedangkan Raed Masalmeh adalah pelaku penikaman terhadap dua warga Israel. Keduanya melakukan penyerangan tersebut pada 20 November lalu dan berhasil ditangkap kepolisian Israel.

Menurut para pejabat Israel, penghancuran rumah tersebut bisa mencegah warga Palestina lainnya untuk melancarkan serangan dalam gelombang kekerasan seperti penusukan, penembakan, dan menabrakkan mobil seperti dikutip dari Reuters, Selasa (23/2/2016).

Hingga saat ini, 28 warga Israel dan seorang warga AS tewas akibat aksi kekerasan yang dilakukan oleh warga Palestina. Sedangkan pasukan keamanan Israel telah menewaskan sedikitnya 168 warga Palestina. Dari jumlah itu, 111 diantara Israel mengatakan sebagai pelaku penyerangan, sementara sebagian yang lain ditembak mati selama protes anti-Israel.

Aksi kekerasan yang telah berlangsung sejak bulan Oktober lalu itu dipicu oleh sejumlah faktor. Faktor itu diantaranya sengketa kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem. Faktor lainnya adalah kegagalan pembicaraan damai untuk mengamankan Palestina sebuah negara merdeka di wilayah yang diduduki Israel.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7689 seconds (0.1#10.140)