AS dan Rusia Diharapan Hadir di KTT OKI Soal Palestina‬

Kamis, 04 Februari 2016 - 17:38 WIB
AS dan Rusia Diharapan Hadir di KTT OKI Soal Palestina‬
AS dan Rusia Diharapan Hadir di KTT OKI Soal Palestina‬
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) dan Rusia diharapkan hadir dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang akan digelar di Jakarta pada awal Maret mendatang. AS dan Rusia akan diundang dalam konferensi tersebut sebagai bagian quartet negosiasi damai Palestina.

‪"Anggota quartet yakni Rusia, AS, Uni Eropa (UE) dan PBB akan diundang dalam KTT luar biasa OKI," kata Direktur Jenderal Multilateral Kementerian Luar Negeri Indonesia, Hassan Kleib pada Kamis (4/2).

‪Ketika disiingung pada tingkatan apa keempat pihak tersebut, Hassan mengatakan semuanya akan diundang pada tingkat kepala negara. "Karena ini KTT, semuanya akan diundang pada tingkat kepala, Presiden Rusia Vladimir Putin, Presiden AS Barack Obama, Seketaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Presiden UE Donald Tusk," sambungnya.

‪Selain kedua negara dan kedua organisasi tersebut, tiga negara lain yakni Thailand, Bosnia Herzegovina, dan Afrika Tengah akan turut diundang dalam pertemuan itu. Ketiga negara tersebut diundang karena merupakan negara peninjau di OKI.

‪Dari sisi OKI sendiri, semua anggota organisasi tersebut, yakni 56 negara akan diundang dalam pertemuan itu. Menurut Hassan, pihak OKI sudah menyebar undangan kepada seluruh negara anggotanya pada akhir Januari lalu.

"Tapi, dalam satu atau dua hari ke depan Presiden Jokowi sebagai tuan rumah juga akan mengirimkan surat terkait hal ini," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5481 seconds (0.1#10.140)