Italia Selamatkan Lebih dari 1.200 Perahu Imigran

Rabu, 27 Januari 2016 - 17:39 WIB
Italia Selamatkan Lebih...
Italia Selamatkan Lebih dari 1.200 Perahu Imigran
A A A
ROMA - Penjaga pantai Italia mmenyatakan telah menyelamatkan 1.271 perahu imigran, baik yang terbuat dari karet maupun dari kayu. Ribuan perahu ini diselamatkan dalam sejumlah operasi di lepas pantai Libya.

Operasi penyelamatan imigran ini dilakukan oleh kapal dari Angkatan Laut Italia, Penjaga Pantai, dan kapal militer Slovenia. Mereka melakukan tinndakan itu sebagai bagian dari operasi penyelamatan Eunavfor Med. Eunavfor Med adalah operasi laut gabungan yang dilakukan oleh Angkatan Laut sejumlah negara Uni Eropa, seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (27/1/2016).

Italia sebelumnya mempunyai operasi mandiri penyelamatan imigran yang menggunakan perahu. Namun, operasi mandiri itu dihilangkan dan diganti dengan operasi bersama dengan Uni Eropa. Operasi penyelamatan ini lebih luas dalam menghadapi migrasi terburuk sejak Perang Dunia II.

Krisis imigran yang melanda Eropa adalah sebuah ujian yang sangat berat bagi negara-negara benua Biru yang tergabung dalam Uni Eropa. Krisis ini membuat sejumlah negara mengancam membekukan perbatasannya dengan Yunani dan area bebas paspor Schengen.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0598 seconds (0.1#10.140)