RI Pantau Penyebaran Virus Zika di Brazil

Senin, 25 Januari 2016 - 19:40 WIB
RI Pantau Penyebaran Virus Zika di Brazil
RI Pantau Penyebaran Virus Zika di Brazil
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia sejauh ini belum mengeluarkan larangan atau himbauan apapun kepada warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, khususnya di Brazil mengenai penyebaran virus Zika. Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Arrmanantha Nassir, pihaknya saat ini masih memantau perkembangan mengenai penyebaran virus tersebut.

"Kita terus memonitor perkembangannya, seberapa perkembangannya. Tentunya Kementerian Kesehatan yang lebih mengetahui seberapa berbahayanya virus ini dan seberapa cepatnya ini bisa menyebar," kata Arrmanantha kepada wartawan pada Senin (25/1).

"Saat ini kita terus memonitor dengan seksama. Kita juga menghubungi KBRI kita di Brazil untuk melihat apakah memang indikasi mengenai seberapa bahaya. Kita akan mengambil langkah setelah kita mendapatkan informasi rinci mengenai hal ini," sambungnya.

Seperti diketahui, saat ini virus yang menyebabkan kerusakan otak pada bayi yang belum lahir, yang mampu menyebabkan autisme tersebut telah menyerang ribuan jabang bayi di Brazil.Dilaporakan sekitar 2.700 bayi di Brazil lahir dalam kondisi cacat akibat terpapar virus itu.

Akibat semakin meluasnya penyebaran virus tersebut, pemerintah Brazil telah mengeluarkan himbauan kepada warganya untuk menunda menunda memiliki anak untuk sementara waktu. Virus yang disebabkan nyamuk ageis agepty ini sendiri sampai saat ini belum ditemukan obatnya.

RI Pantau Penyebaran Virus Zika di Brazil
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5324 seconds (0.1#10.140)