Iran: Tawanan AS Belum Tinggalkan Teheran

Minggu, 17 Januari 2016 - 18:51 WIB
Iran: Tawanan AS Belum Tinggalkan Teheran
Iran: Tawanan AS Belum Tinggalkan Teheran
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran membantah laporan media yang menyebut tawanan asal Amerika Serikat (AS) telah meninggalkan Teheran. Menurut Iran, saat ini semuanya masih berada di Iran.

"Tak satu pun dari empat orang Amerika, termasuk jurnalis Washington Post, Jason Rezaian telah meninggalkan Iran. Ketika itu (pembebasan) terjadi, akan diumumkan secara resmi," kata seorang pejabat senior Iran dalam kondisi anonim, seperti dilansir Reuters pada Minggu (17/1).

Sebelumnya, kantor berita Iran, Tasnim melaporkan bahwa Rezaian dan istrinya Yeganeh Salehi telah meninggalkan Teheran, dan saat ini tengah dalam perjalanan menuju AS.

Pembebasan sejumlah tawanan AS ini merupakan bagian dari kesepakatan pertukaran tahanan antara Iran dan AS. Dimana, Iran membebaskan empat orang warga AS yang mereka tawan, dan AS mengampuni tiga orang warga AS keturunan Iran yang dijatuhi hukuman karena telah menyelundupkan barang elektronik ke Iran.

Kesepakatan pertukaran tahanan ini adalah puncak dari kontak diplomatik, pembicaraan rahasia, dan manuver hukum. Kesepakatan ini sempat terancam setelah Washington berniat untuk menjatuhkan sanksi atas uji coba rudal balistik yang dilakukan oleh Iran pada bulan Desember lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5145 seconds (0.1#10.140)