Netanyahu Kesal Sanksi Iran Dicabut

Minggu, 17 Januari 2016 - 16:36 WIB
Netanyahu Kesal Sanksi Iran Dicabut
Netanyahu Kesal Sanksi Iran Dicabut
A A A
YERUSALEM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, tidak bisa menyembunyikan kekesalan atas pencabutan sanksi yang dijatuhkan kepada Iran. Pasalnya, laporan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) menyatakan Teheran telah menjalankan kesepakatan perjanjian nuklir internasional.

Menurut Netanyahu, Teheran tidak akan berhenti menciptakan senjata nuklir, meski mereka telah menandatangani dan menjalani kesepakatan internasional tentang program nuklirnya.

"Bahkan, setelah menandatangani kesepakatan nuklir, Iran belum bisa melepaskan ambisinya untuk mendapatkan senjata nuklir dan terus bertindak untuk mengacaukan Timur Tengah dan menyebar teror di seluruh dunia melanggar komitmen internasional," kata Netanyahu seperti dikutip dari laman Sputniknews, Minggu (17/1/2016).

Netanyahu juga meminta kepada masyarakat internasional untuk memantau kegiatan Teheran guna memastikan Negeri Mullah itu tidak akan mengembangkan senjata nuklir.

IAEA pada Sabtu kemarin menyatakan, Iran telah mengendalikan kegiatan program nuklirnya sesuai dengan perjanjian bersama enam negara kekuatan dunia pada bulan Juli bulan lalu di Wina. Berdasarkan perjanjian tersebut, Iran harus menjamin bahwa program nuklirnya bersifat damai dengan imbalan sejumlah sanksi akan dicabut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)