AS Rilis Video Kapal Perang Iran Uji Coba Rudal

Minggu, 10 Januari 2016 - 09:36 WIB
AS Rilis Video Kapal Perang Iran Uji Coba Rudal
AS Rilis Video Kapal Perang Iran Uji Coba Rudal
A A A
WASHINGTON - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) merilis video hitam putih pada hari Sabtu yang diambil oleh sebuah helikopter. Video itu menunjukkan kapal Pengawal Revolusi Iran menembakkan roket dekat kapal perang milik AS, termasuk kapal induk USS Harry S Truman di Selat Hormuz pada 26 Desember lalu.

Dikutip dari Reuters, Minggu (10/1/2016), video diambil dari helikopter Seahawk dengan durasi 30 detik. Angkatan Laut AS mengatakan, roket ditembakkan dalam jalur lalu lintas maritim yang diakui secara internasional saat kapal induk Harry S Truman dan kapal-kapal lainnya tengah melewati Selat Hormuz.

Sebelumnya, pada akhir Desember lalu, AS menyatakan Angkatan Laut Iran telah melakukan uji coba roket baru mereka di dekat tiga kapal perang Barat. Salah satu kapal yang berada di dekat lokasi uji coba AL itu adalah kapal induk Amerika Serikat (AS), USS Harry S Truman. (Baca juga: AL Iran Uji Coba Roket dekat Kapal Induk AS)

Namun tudingan ini dibantah oleh Iran. Negeri Mullah itu mengklaim tidak ada kapal perang milik Angkatan Laut Iran di Selat Hormuz pada saat kejadian. Sebaliknya, Iran menyatakan bahwa tudingan AS adalah sebuah bentuk perang psikologis. (Baca juga: Iran Bantah Gelar Uji Coba Roket Dekat Kapal AS)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5929 seconds (0.1#10.140)