Obama Kembali Desak Turki Tarik Pasukan dari Irak

Kamis, 07 Januari 2016 - 20:11 WIB
Obama Kembali Desak Turki Tarik Pasukan dari Irak
Obama Kembali Desak Turki Tarik Pasukan dari Irak
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, kembali mendesak salah satu sekutunya, Turki, untuk menarik keluar pasukannya dari wilayah Irak. Begitu pernyataan yang dikeluarkan oleh pihak Gedung Putih.

Pihak Gedung Putih menyatakan, dalam pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri Irak Haidar al-Abadi, Obama kembali menegaskan komitmen AS untuk integritas teritorial dan kedaulatan Irak seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (7/1/2016).

Dalam kesempatan itu, Obama juga mengucapkan selamat atas keberhasilan pasukan Irak merebut kota Ramadi dari tangan kelompok ekstrimis ISIS. Obama juga menekankan dukungan abadi AS bagi Irak dalam memerangi kelompok ISIS.

Pada bulan lalu, Obama sempat menelpon Presiden Turki, Recep Tayyep Erdogan, untuk meminta Turki menarik pasukannya dari Irak. Obama meminta Erdogan untuk menghormati kedaulatan dan integritas teritorial Irak.

Namun belakangan, Turki menyatakan bahwa pasukannya masih berada di Irak. Pasukan Turki berada di Mosul, tepatnya di kamp Bashiqa, Irak utara. Turki beralasan, pasukannya tengah memberikan pelatihan kepada kelompok Sunni.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5174 seconds (0.1#10.140)