Cina Tahan Tersangka Mata-mata di Dekat Korut

Kamis, 19 November 2015 - 18:38 WIB
Cina Tahan Tersangka Mata-mata di Dekat Korut
Cina Tahan Tersangka Mata-mata di Dekat Korut
A A A
BEIJING - Penjaga perbatasan China di dekat Korea Utara (Korut) menangkap warga asing yang diduga seorang mata-mata. Penjaga perbatasan China menemukan gambar peta yang digambar dengan tangan di celana dalamnnya. Peta tersebut adalah posisi posisi militer di sepanjang perbatasan.

Disitir Reuters dari laporan berita pertahanan China, Kamis (19/11/2015), warga asing yang diduga mata-mata itu tertangkap pada bulan Oktober lalu di Provinsi Jilin. Ia ditangkap setelah aparat mendapatkan informasi dari petani.

Pihak keamanan juga menemukan teleskop berteknologi tinggi dan sejumlah foto dari fasilitas militer. Namun, laporan tersebut tidak menyebutkan kebangsaan dari warga asing yang diduga mata-mata itu.

Menurut laporan tersebut, kegiatan spionase dan intelijen terhadap China telah merajalela dalam beberapa tahun terakhir. Pada bulan September dan Oktober lalu, China dilaporkan juga telah menahan beberapa orang Jepang yang diduga melakukan aksi spionase.

Namun, saat dikonfirmasi mengenai hal ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei saat konferensi pers di Beijing mengatakan tidak tahu apa-apa terkait kasus tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5268 seconds (0.1#10.140)