Al-Nusra Serukan Genosida di Suriah

Selasa, 13 Oktober 2015 - 15:46 WIB
Al-Nusra Serukan Genosida di Suriah
Al-Nusra Serukan Genosida di Suriah
A A A
DAMASKUS - Al-Nusra, yang merupakan cabang al-Qaeda di Suriah menyerukan kepada seluruh anggotanya untuk melakukan pembersihan etnis, atau genosida di Suriah. Target mereka adalah suku minoritas di Suriah, Alawite yang menghuni Provinsi Latakia.

Dalam sebuah pernyataan, pemimpin al-Nusra, Abu Mohamad al-Golani mengatakan, tidak ada pilihan lain bagi mereka selain membantai warga Alawit. Seruan ini digaungkan setelah al-Nusra menelan kekalahan atas pasukan pemerintah Suriah, dan kehilangan salah satu wilayah di Latakia.

"Tidak ada pilihan selain meningkatkan serangan dan menargetkan kota-kota dan desa-desa Alawit di Latakia dan saya sebut semua faksi untuk dalam sehari menghantam desa mereka dengan ratusan rudal seperti yang mereka lakukan untuk terhadap beberapa kota-kota dan desa Sunni lainnya," kata Golani, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (13/10).

Alasan al-Nusra menyerang warga Alawit sebenarnya sangat sederhana. Ini hanya dikarenakan Presiden Suriah Bashar al-Assad adalah keturunan Alawit, dan al-Nusra mencap kelompok minoritas ini sebagai suku penguasa, yang harus dimusnahkan.

Golani dalam pernyatannya juga turut berbicara mengenai serangan udara yang dilancarkan Rusia di Suriah. Dirinya menegaskan, bahwa pihaknya sangat menantang serangan tersebut, karena turut menghantam basis mereka.

Anggot al-Nusra sendiri sebagian besar adalah anggota pemberontak Suriah, dan sebagian diantara mereka adalah pemberontak yang dilatih oleh Amerika Serikat (AS) dan Barat. Tidak sedikit juga senjata yang dimiliki oleh kelompok ini adalah senjata yang diberikan AS kepada pemberontak Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2935 seconds (0.1#10.140)